Sukses itu berbeda untuk setiap individu

belajar bisnis online bersama koombis.com

Sukses itu berbeda untuk setiap individu

Apakah yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai sukses? Unruk mengevaluasi pertanyaan ini, adalah perlu pertama-tama kita mengerti apakah ‘sukses’ itu, dan apakah yang hampir semua orang sukses miliki secara umum. Adalah logis dan aman untuk menduga bahwa siapa pun yang membaca artikel ini adalah orang yang ingin sukses clalam karier atau bisnisnya. Namun demikian, menurut survei, hanya 5% dari populasi manusia yang akan mencapai potensi optimal mereka dalam segala aktivitas atau proses sukses, dan 95% selebihnya tidak akan menjadi orang sukses.

Menurut definisi umum, “Sukses adalah realisasi dari pencapaian haul yang berguna”, sedangkan menurut buku “No Pain No Gain” yang saya tulis, “Sukses adalah menikmati keberbasilan pencapaian tujuan hidup yang berguna”, karena menurut saya, sekalipun seseorang mencapai tujuan hidupnya yang berguna atau hebat, namun jika ia tidak mampu menikmatinya—apakah karena terlalu sibuk, atau menjadi sakit fisik atau mental—maka itu tidaklah pantas disebut sukses.

Jadi sukses itu berbeda untuk setiap individu. Bagi seseorang, mendapatkan penghasilan sebesar 50 juta rupiah per tahun dianggap sukses, sedangkan bagi seorang lain, mendapat penghasilan 5 miliar rupiah per tahun barulah dianggap sukses. Atau bagi seseorang, menjadi manajer di perusahaan kecil sudah dianggap sukses, sedangkan orang lain menganggap sukses jika telah menjadi direktur utama sebuah perusahaan publik.