Provinsialisme Produk

belajar bisnis online bersama koombis.com

Provinsialisme Produk

Kemungkinana-kemungkinan keuntungan yang menggiurkan dengan biaya unti produksi yang rendah menjadi suatu sikap penipuan diri paling serius yang dapat memberikan akibat negatif terhadap suatu perusahaan, khususnya untuk growth industry di mana ekspansi permintaan yang tampaknya terjamin cenderung merusak perhatian penting terhadap peran mendasar pemasaran dan konsumen.

Akibat yang biasanya terjadi karena hal tersebut adalah kemunduran perusahaan. Ini berarti bahwa produk industu tersebut gagal beradaptasi dengan pola-pola kebutuhan dan keinginan konsumen yang terus berubah, terhadap situasi-situasi dna praktik-praktik pemasaran baru yang termodifikasi atau terhadap berbagai perkembangan produk dalam industri-industri komplemneter atau yang bersaing. Industri semacam itu hanya terpaku paa produk khsususnya produk sendiri sehingga ia tidak melihat bagaimana produknya tiba-tiba menjadi sesuatu yang usang atau ketinggaln jaman.

Contoh klasih hal tersebut adalah industri kereta beroda empat. Tidak satupun perbaikan produk yang dapat bertahan terhadap kematiannya. Tetapi, andaikata industr tersebut telah mendefinsikan dirinya sebagai usaha transportasi daripada sebagai industri kereta beroda empat industri tersebut pasti bertahan hidup. Seharusnya perusahaan itu melakukan apa yang dapat menjamin keberlangsungan hidupnya aitu perubahan. Walaupuun industri itu hanya mendefinsikan usahanya sekedar untuk memberikan stimulan atau katalisator terhadap sumber energi, perusaaan tersebut pasti tetap dapat bertahan hidup dengan cara menjadi suatu perusahaan yang manufaktur. Katakanlah, fanblet atau air cleanner.

Contoh laain yang lebih klasik lagi adlaah industri perminyakan. Dengan membiarkan pihak lain mengambil alih berbagai kesempatan yang seharusnya menjadi haknya, orang berharap bahwa industri perminyakan tersbeut tidak pernah membiarkan hal tersebut terjadi lagi. Tapi bukan inilah yaing menjadi perosalnnya. Sekarang kita sedang mengalami berbagai perkembangan baru yang sangat luar biasa dalam sistem-sitem bahan bakar khususnya yang dirancang untuk memberi energi atau bahan bakar bagi mob