Potensi Bisnis Camilan di Sekitar Kabupaten Bogor

Bisnis Camilan

Bisnis Camilan

Potensi Bisnis Camilan di Sekitar Kabupaten Bogor

Melimpahnya potensi kekayaan alam di sekitar Kabupaten Bogor, ternyata turut mendorong kreativitas masyarakat setempat untuk bisa berkarya merintis berbagai macam peluang usaha. Dan dari sekian banyak potensi peluang usaha yang bisa dirintis di Kabupaten Bogor, industri makanan ringan menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untung besar bagi masyarakat setempat. Contohnya saja seperti bisnis camilan dodol dan rengginang yang menjadi sumber mata pencaharian bagi warga Kampung Anyar, Desa Semplak Barat, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Memproduksi dodol aneka rasa dan camilan rengginang tentunya sudah menjadi aktivitas harian warga Kampung Anyar yang tak bisa terpisahkan.Menurut penuturan warga setempat, usaha camilan ini telah digeluti warga secara turun temurun sejak tahun 1980-an. Melihat potensi pasarnya sangat besar, di tahun 1990 bisnis camilan rengginang dan dodol di Kampung Anyar mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Puncaknya pada tahun 2004 silam, Kampung Anyar yang terletak di Desa Semplak dinobatkan sebagai salah satu sentra industri jajanan dodol dan camilan rengginang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Bila dulunya hanya beberapa warga yang tertarik memproduksi camilan rengginang dan dodol sebagai peluang usaha, sekarang ini hampir 90% warga Desa Semplak Barat menekuni bisnis tersebut sebagai mata pencaharian mereka setiap harinya. Bahkan bisa dikatakan sektor usaha kecil ini telah menjadi denyut nadi bagi masyarakat di Desa Semplak dan sekitarnya.

Lanjut Ke Halaman Berikutnya klik disiniĀ 

  • Avita Kritama

    nice gan

  • fachrularyadi

    nice bro

  • Joy Crew

    wih nice info

  • Pandawa Mediatama

    sayang gua gak tinggal di kota hujan bro hehe

  • rizki hadi

    bener kata agan pandawa sanga ane juga gak tinggal di kota bogor gan . btw nice share .