Peluang bisnis Budidaya Rumput Laut

Peluang bisnis Budidaya Rumput Laut

Peluang bisnis Budidaya Rumput Laut

Peluang bisnis Budidaya Rumput Laut

Bicara soal hasil laut memang tidak pernah ada habisnya. Begitu banyak hasil laut yang bisa kita manfaaatkan setiap hari. Mulai dari berbagai jenis ikan yang sering kita nikmati , seper kerang, cumi, dan berbagai biota laut lain hingga air laut yang juga bisa kita olah menjadi garam. elain potensi bisnis hasil laut yang telah disebutkan, ternyata ada jenis biota laut lain yang memiliki manfaat tak kalah besar. Bukan dari kelompok hewan laut melainkan dari kelompok tumbuhan laut. Tumbuhan laut tersebut adalah sumber pangan kaya serat, apalagi kalau bukan rumput laut. Rumput laut banyak jenisnya, mulai dari rumput laut merah, hijau, coklat, dan lain sebagainya. Tak hanya mengandalkan hasil laut saja, saat ini rumput laut banyak dibudidayakan oleh masyarakat di sekitar pesisir

peluang bisnis rumput laut

rumput laut

Untuk membudidayakan rumput laut, bibit rumput laut cukup diikat pada tali tambang dengan ukuran tertentu lalu diletakkan di laut pada kedalaman 2-5 meter. Setelah 1,5 bulan, rumput laut siap dipanen. Masa panen yang relatif singkat ini yang membuat banyak nelayan memanfaatkannya sebagai penghasilan tambahan selain melaut. Pada beberapa kasus di Jawa Timur, seper di Banyuwangi dan Lamongan, ak vitas budidaya rumput laut justru mampu mengubah mata pencaharian nelayan menjadi pembudidaya rumput laut.

Bagi mereka, membudidayakan rumput laut lebih menguntungkan dibandingkan dengan melaut. Setiap bulan bisa panen sebanyak 7 kali.  Setiap panen bisa mencapai 1 ton. Harga di tingkat petani bisa mencapai Rp 1.200,- per kilogram basah. Jadi keuntungan bersih rata- ratanya bisa mencapai 4 juta per bulan. Selain itu resiko menjadi pembudidaya rumput laut juga kecil, termasuk resiko dalam pekerjaan. Dibandingkan dengan melaut yang harus mempertaruhkan nyawa saat bekerja di tengah laut, budidaya rumput laut pun cukup dilakukan di sekitar pesisir saja.

Tak hanya budidayanya yang menjanjikan keuntungan, peluang bisnis rumput laut ini bisa dikembangkan menjadi berbagai macam produk olahan berbahan dasar rumput laut. Olahan hasil laut yang satu ini bisa dikreasikan menjadi aneka macam produk, contohnya saja seper agar- agar, jelly, dodol, hingga dijadikan sebagai bahan tambahan untuk produk minuman dingin. Peluang ini tentu tak bisa disia-siakan begitu saja oleh sebagian orang. Kondisi inilah yang membuat sebagian besar masyarakat pesisir mulai melirik potensi bisnis rumput laut di negara kita sebagai salah satu peluang bisnis yang menggiurkan. Apalagi jika didukung dengan peningkatan potensi pariwisata. Permintaan produk olahan rumput laut tentu bisa meningkat secara tajam karena bisa menjadi buah tangan bagi para wisatawan.