Menciptakan nama bisnis yang terbaik

Menciptakan nama bisnis yang terbaik

Menciptakan nama bisnis yang terbaik

Pada suatu waktu saat hampir semua kata yang ada di dalam bahasa telah dijadikan merek dagang, pilihan untuk menciptakan suatu nama itu menjadi semakin populer. Mungkin nama-nama ciptaan yang terbaik itu berasal dari perusahaan-perusahaan penamaan. Beberapa contoh misalnya Acura dan Compaq, nama-nama yang diciptakan oleh NameLab. Sejak dimulai, NameLab telah menjadi seorang juara dalam menciptakan nama. Menurut direktur perusahaan Michael Barr, menciptakan nama-nama bisa jadi lebih bermakna dibanding kata-kata yang sudah ada.

Misalnya, nama “Acura”: Meski kata itu tidak memiliki definisi di dalam kamus, tapi kata tersebut menyiratkan keakuratan, sama seperti niat perusahaan. Bagaimana bisa? Team NameLab menciptakan nama “Acura” dari “Acu,” sebuah bagian kata yang berarti “akurat” di banyak bahasa. Dengan bekerja menggunakan bagian-bagian kata yang bermakna (yang disebut morphemes oleh para ahli bahasa) misalnya “Acu,” Barr mengatakan bahwa perusahaan memproduksi kata-kata baru yang bermakna sekaligus unik.

“Proses penamaan membutuhkan suatu metode yang kreatif” kata Barr. Dia mengatakan bahwa kata-kata konvensional mungkin tidak mengekspresikan inovasi atau ide-ide baru dibelakang suatu perusahaan atau produk. Tapi sebuah kata baru atau “ciptaan” mungkin suatu cara yang lebih baik untuk mengekspresikan kebaharuan tersebut. Akan tetapi, Barr mengakui bahwa kata-kata baru itu bukanlah solusi yang tepat untuk semua situasi. Kata-kata baru itu rumit dan mungkin menciptakan suatu persepsi bahwa produk, jasa atau perusahaan tersebut rumit, yang mana mungkin itu tidak benar.

Menciptakan nama bisnis yang terbaik

Selain itu, para pemula mungkin merasa bahwa untuk menciptakan suatu kata yang baru itu berada diluar kemampuan mereka. Suatu solusi yang lebih mudah adalah dengan menggunakan bentuk-bentuk atau ejaan-ejaan baru dari kata-kata yang sudah ada. NameLab menciptakan nama Compaq saat sebuah perusahaan komputer baru datang pada mereka, memuji-muji komputer portable barunya. Team memikirkan tentang kata “compact,” tapi kata itu saja tidak akan menonjol di media misalnya The New York Times atau The Wall Street Journal. Jadi, Barr mengatakan, team mengubah ejaannya menjadi Compaq untuk membuatnya lebih menyolok.