Mencari konsep-konsep produk yang inovatif

belajar bisnis online bersama koombis.com

Mencari konsep-konsep produk yang inovatif

Ruang kompetisi baru bisa tercipta apabila inovasi yang dramatis dalam konsep produk terdapat membentuk kembali batas-batas pasar dan industro. Inovasi tersebut berasal dari tiga bentuk konsep, menambah kegunaan yang penting dan baru terhadap produk yang populer (piano digital recording yamaha atau toilet toto yang pintar, yang menggunakan biosensor dan mikroproses untuk menyediakan data do agnosis medis, mengembangkan bentuk-bentuk baru yang memberikan kegunaan yang sudah dikenal dengan secara kyas (mesin-mesin ATM atau kalende saku), menyampaikan satu kegunaan yang baru melalui konsep produk menyampaikan satu kegunaan yang abru melalui konsep produk yang sama sekali abru (kamera video yang bisa merekam gambar dan suara sekaligus mudah dibawa kemana-kemana dan mesin faksimile)

Berbagai pendekatan standar terhadap analisis pasar tidak mengarah pada inovasi seperti ini. Pendekatan-pedekatan tersebut terbentuk apabila orang menggantikan kebutuhan matriks kebutuhan dan kegunaanya dengan matriks yang lebih kovensional dari para konsumen dan produk. Ini merupakan pendapat baru yang menyusun kembali pasar. Sebagai ilustrasi, bayangkanlah sejumlah staf yang tidak sabar dan sedang menunggu untuk menggunakan fotokopi yang lebih besar di lantai dasar dari gedung suatu perusahaan. Analisis pasar tradisional akan melihat tumpukan masalah produk dan konsumen. Dengan melihat cara seperti ini, pemecahannya adalah menyediakan mesin fotokopi, yang lebih cepat dna lebih besar. Dengan kata lain, mesin fotokopi yang  lebih besar merupakan pengembangan produk dari yang sudah ada.

Sekarang lihatlah antrean yang sama terjadi terikat dengan kebutuhan dan fungsinya. Fungsi mesin fotokopi meliputi kecepatan dan aksesbilitasnya. Dan jika kebanyak orag dlaam antrean tersebut hanya membuat fotokopi dlaam jumlah yang sedikit dari dokumennya, maka mereka mengutamakan nilai aksesbilitas daripada kecepatan.