Mencapai Pertumbuhan Terobosan

Breakthrough koombis

Breakthrough koombis

Mencapai Pertumbuhan Terobosan

Terkadang, perusahaan yang sudah mapan harus berjuang keras untuk mencapai tingkat pertumbuhan tertinggi dalam industri karena sektor usaha yang telah stagnan atau sangat kompetitif, atau karena mereka terjebak dalam rutinitas usaha meraih pertumbuhan secara bertahap. Perusahaan yakin bahwa mereka harus bersaing dengan cara yang sama seperti pesaing mereka : meminimalkan risiko, memaksimalkan sumber daya dan menghasilkan pendapatan yang sesuai. Sebetulnya ada cara lain : secara fundamental menyusun kembali hal yang menyebabkan Anda mendapatkan keuntungan, membangun model bisnis yang lebih baik dan mencapai pertumbuhan terobosan (breakthrough growth).

 

Koombis Insight

Insight Bisnis :

Riset yang dilakukan oleh dua profesor sekolah bisnis, Rita Gunther McGrath dan Ian C. MacMillan, menyoroti bagaimana perusahaan-perusahaan di berbagai industri meraih pertumbuhan yang luar biasa. Kuncinya adalah meninjau kembali bisnis Anda, dengan menggunakan pendekatan baru yang radikal dan berbeda dari pendekatan yang digunakan oleh pesaing Anda serta dengan mencari cara-cara yang lebih baik untuk meraih keuntungan. Penting juga untuk bersikap fleksibel dan kreatif, serta memahami nilai yang pelanggan hargai.

Cemex koombis

Cemex mentransformasikan bisnis komoditas kecilnya di Monterey, Mexico, menjadi salah satu perusahaan semen terbesar di dunia melalui penilaian ulang secara radikal terhadap hal-hal yang dapat menghasilkan keuntungan. Cemex mengalahkan pesaing internasionalnya, Holcim dan Lafarge, dalam harga saham, margin operasi, dan tingkat pengembalian aset. Cemex beranjak dari melakukan penjualan produk beton sebanyak mungkin menjadi penjualan komoditas dengan layanan pengiriman berdasarkan waktu. Pengiriman merupakan hal yang sangat penting bagi pelanggan: menerima pesanan dengan jumlah yang tepat, di tempat yang benar, dan di waktu yang tepat tanpa harus membuat para pekerja menunggu atau merusak campuran beton. Dengan menggunakan metode yang diterapkan oleh federal express dan petugas ambilan, Cemex mengembangkan teknologi digital untuk menjangkau lokasi dan mengirimkan truk-truknya. Saat ini Cemex menggunakan teknologi GPS untuk menjamin pengiriman semen campuran siap pakai dalam waktu 20 menit.

Transformation koombis

 

Penerapan :

Bagi Cemex, kesuksesan yang diperoleh didasarkan pada perubahan budaya di seluruh bagian dalam perusahaan. Sebuah pendekatan proaktif diperlukan untuk memenuhi komitmen, mengembangkan cara baru untuk melayani pelanggan, dan memastikan pelaksanaan yang efisien. Penggunaan teknik berikut ini dapat mencapai pertumbuhan terobosan :

Tranformasikan pengalaman pelanggan dan temukan cara-cara baru untuk memenuhi kebutuhan mereka contohnya, Microsoft mengembangkan software office, dan apapun pendapat Anda tentang bisnis mereka, menggunakan Microsoft tetap saja lebih menguntungkan daripada mengetik dengan menggunakan mesin tik!

– Transformasikan produk atau layanan yang ditawarkan pada pelanggan sehingga mencerminkan apa yang mereka hargai. Pendekatan yang bisa dilakukan adalah dengan membandingkan penawaran Anda dengan penawaran dari pesaing dengan cara menyortir atribut, produk ke dalam tiga kategori: dasar, terdiferensiasi, dan istimewa. Kemudian, pikirkanlah bagaimana mengembangkan keunggulan-keunggulan baru dan memperkuat keunggulan yang sudah ada sehingga membuat produk Anda menjadi produk yang luar biasa.

– Ubahlah tolak ukur kinerja Anda sehingga Anda dapat memonitor dan meningkatkan penawaran pada pelanggan Anda.

– Definisikan ulang bisnis Anda yang mungkin dapat dilakukan dengan mengubah unit dasar yang harus dibayar oleh pelanggan atau dengan merevisi tolak ukur utama yang digunakan untuk mengukur seberapa baik anda melakukan penjualan. Contohnya, beberapa pengacara yang mengubah penggunaan metode tradisional dari menjual waktu menjadi menjual layanan dengan strategi “tidak menang, tidak perlu bayar.”

– Manfaatkan perubahan di sektor Anda. Contohnya, Amazon.com menyadari potensi Internet untuk mengubah persepsi tentang ritel. Selain itu, bank HSBC merupakan bank pertama yang menyadari bahwa para imigran di Inggris memiliki kebutuhan perbankan yang spesifik (misalnya, mereka ingin mengirimkan uang dari luar negeri) dan kenyataan yang ada ( mereka tidak memiliki pengalaman dengan perbankan di Inggris ), serta menawarkan produk yang disesuaikan untuk pasar tersebut.