Memulai bisnis bukanlah sesuatu yang rumit, Just Do It!

Memulai bisnis bukanlah sesuatu yang rumit, Just Do It!

Memulai bisnis bukanlah sesuatu yang rumit, Just Do It!

Semoga saat ini, proses menentukan bisnis apa yang cocok untuk anda setidaknya sudah semakin jelas. Pahami bahwa memulai bisnis itu bukanlah sesuatu yang sangat rumit. Memang, tidak mudah untuk memulai suatu bisnis, tapi itu juga tidak serumit atau semenakutkan seperti yang dikira banyak orang. Memulai bisnis adalah suatu proses langkah demi langkah, suatu prosedur akal sehat. Jadi ambil langkah demi langkah. Cari tahu apa yang ingin anda lakukan.

Memulai bisnis bukanlah sesuatu yang rumit, Just Do It!

Begitu anda sudah memiliki ide, bicarakan dengan orang-orang untuk meminta pendapat dari mereka. Tanyakan “Maukah anda membeli dan/atau menggunakan produk ini, dan berapa banyak anda akan membayar?” Pahami bahwa banyak orang disekitar anda yang tidak akan mendorong anda (sebagian bahkan akan mengecilkan hati anda) untuk mengejar petualangan kewirausahaan anda.  Sebagian akan mengatakan bahwa mereka benar-benar menginginkan yang terbaik untuk anda; mereka hanya ingin anda melihat realitas dari situasi.

Sebagian lain akan merasa iri dengan keberanian anda; yang lainnya akan dengki pada anda karena memiliki keberanian untuk benar-benar melakukan sesuatu. Anda tidak boleh membiarkan orang-orang tersebut menghalangi anda, untuk menghentikan petualangan anda, bahkan sebelum petualangan itu dimulai. Bahkan, begitu anda sudah memiliki suatu ide bisnis, sifat terpenting apa yang paling anda butuhkan sebagai seorang pengusaha? Ya, ketekunan. Saat anda bertekad untuk memulai bisnis anda, maka anda akan lebih sering mendengar kata “tidak” dibanding yang pernah anda dengar sebelumnya.

Anda tidak boleh menanggapinya secara pribadi; anda harus terus maju dan berbicara pada orang berikutnya—karena pada akhirnya, anda akan mendapatkan kata “ya.” Salah satu peringatan paling sering yang akan anda dengar adalah mengenai resiko. Semua orang akan memberi tahu anda bahwa memulai bisnis sendiri itu beresiko. Tentu, memulai suatu bisnis itu beresiko, tapi apakah ada yang tidak beresiko di dalam hidup ini? Selain itu, ada perbedaan antara resiko yang bodoh dengan resiko yang sudah diperhitungkan.

Jika anda mempertimbangkan apa yang anda lakukan dengan hati-hati, maka anda akan mendapatkan bantuan yang diperlukan, dan jangan pernah berhenti bertanya, karena itu bisa mengurangi resiko anda. Anda tidak boleh membiarkan hantu resiko menghentikan langkah anda untuk terus bergerak maju. Tanyakan pada diri sendiri “Apa sebenarnya yang aku resikokan?” Dan lakukan penaksiran terhadap resiko. Apa yang akan anda relakan? Anda akan kehilangan apa jika hal-hal tidak berjalan sesuai harapan? Jangan mempertaruhkan apa yang tidak mampu anda berikan. Jangan mempertaruhkan rumah, keluarga atau kesehatan anda. Tanyakan pada diri sendiri “Jika ini tidak berhasil, akankah aku jadi lebih parah dibanding saat ini?”

Jika yang akan hilang dari anda itu hanyalah waktu, energi dan uang, maka resiko itu sepertinya layak. Menetapkan apa yang ingin anda lakukan itu hanyalah langkah pertama. Anda masih punya banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, banyak penelitian yang menunggu dihadapan anda. Membaca halaman ini adalah langkah pertama yang pintar.