Keterikatan Pelanggan

I love product

Keterikatan Pelanggan

Ketika persaingan bisnis menjadi semakin sengit, perusahaan sebaiknya tidak hanya berfokus untuk menarik pelanggan baru. Mereka sebaiknya juga menggunakan penghargaan untuk mempertahankan dan mengoptimalkan klien yang ada, yang juga akan menarik lebih banyak klien.

Koombis Insight

Insight Bisnis :

Banyak industri tidak hanya berjuang keras untuk menarik pelanggan, tapi juga mempertahankan dukungan lanjutan mereka terhadap pelanggan begitu berhasil mendapatkannya. Skema loyalitas pelanggan merupakan contoh penggunaan informasi untuk meningkatkan keterikatan pelanggan dan daya saing. Skema ini telah lama menjadi ciri khas program-program pemasaran. Contoh terbarunya adalah Air Miles. Jumlah dan jenis perusahaan yang menawarkan program-program loyalitas semakin meningkat. Mulai dari toko buku seperti WH Smith di Inggris yang memiliki database canggih berisi jutaan pelanggannya hingga perusahaan kartu kredit dan operator telepon seperti MCI di Amerika, yang memelopori pemberian potongan harga bagi teman serta keluarga pelanggannya. Bagi MCI, langkah yang dijalankan dengan biaya iklan yang relatif tidak terlalu besar ini (lima persen dari yang dikeluarkan perusahaan AT&T selaku pemimpin pasar) menghasilkan pertumbuhan pangsa pasar sebesar empat persen meskipun dalam persaingan yang sengit.

Air miles

Daya inovasi dari program-program loyalitas terus memberikan kejutan, yang mengungkapkan nilai merek perusahaan dan ancaman yang mereka perlihatkan kepada para pesaing. Contohnya, Virgin Atlantic memperkenalkan sebuah skema loyalitas yang cerdik untuk mengikat pelanggan guna mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru. Virgin menawarkan hak istimewa bagi mereka yang terlibat dalam skema loyalitas pesaing-pesaingnya, dengan menawarkan tiket tambahan bagi setiap pelanggan British Airways yang telah mencapai jarak terbang 10.000 mil. Ini menjadi keunggulan tambahan untuk memperkuat persepsi dinamis dan fleksibel yang dimiliki oleh merek Virgin.

Virgin airlines

Penerapan :

– Buatlah skema loyalitas pelanggan untuk mendorong pembelian berulang dan membangun citra merek yang positif di antara klien Anda.

– Berfokuslah pada pesaing-pesaing Anda saat membuat program loyalitas. Apa yang mereka tawarkan, dan apa yang Anda tawarkan yang tentu saja lebih baik serta lebih memikat bagi pelanggan Anda?

– Buatlah program loyalitas yang kreatif dan metode kreatif lain untuk mengikat pelanggan. Ini adalah area yang memiliki banyak kemungkinan untuk berinovasi, jadi gunakanlah sebaik mungkin.

– Tanyakan karyawan yang berhadapan langsung dengan pelanggan tentang cara terbaik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.