Karakteristik lain yang dibutuhkan agar menjadi pengusaha

belajar bisnis online bersama koombis.com

Karakteristik lain yang dibutuhkan agar menjadi pengusaha

Karakteristik lain yang dibutuhkan agar menjadi pengusaha sukses adalah:

=> A sense of thrift, atau semangat hemat. Pengusaha harus disiplin dalam menerapkan prinsip “produce more than you consume” dan “make your money first, then think about spending it” dalam bisnis maupun kehidupan pribadi. Perilaku hemat akan mencegah pemborosan, sehingga bisnis anda dapat dikelola dengan biaya rendah agar bisa menjadi keunggulan kompetitif bagi pasar anda. Mungkin anda pernah mendengar sindiran yang dilontarkan kepada orang kaya, “Orang kaya itu pelit”. Walaupun pernyataan itu tidak 100% benar, namun nyaris benar. Lebih tepatnya adalah: Karena perilaku hemat, orang bisa menabung dan berinvestasi sehingga menjadi kaya. Sedangkan orang yang boros, tidak pernah menyisakan penghasilannya, sehingga sampai mati pun tidak akan pernah kaya.

=> Sebagai pemilik bisnis, anda wajib bekerja dan berpikir lebih keras dibandingkan dengan karyawan, karena anda tidak bisa mengharapkan karyawan akan mempunyai sense of belonging dan kapasitas seperti anda, sebab jika demikian, mereka tidak akan menjadi karyawan, melainkan menjadi bos sendiri.

=> Anda bersama-sama dengan seluruh karyawan haruslah senantiasa memikirkan cara untuk memperbaiki dan meningkatkan manfaat produk anda dengan menerapkan teknologi tepat guna, dan atau melakukan perubahan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional agar bisnis anda senantiasa berbiaya rendah bermanfaat tinggi. Perilaku continuous innovation and improvement ini sangat diperlukan agar perusahaan anda tetap bisa menciptakan dan mempertahankan pelanggan yang puas secara berkesinambungan, agar terus mampulaba dan mamputumbuh dalam segala situasi menghadapi kompetisi dengan siapa pun dan di mana pun.

=ยป Sekalipun penjualan dan profit anda telah meningkat drastis, kelolalah pertumbuhan dengan hati-hati dan bijaksana. Janganlah tergoda oleh gaya hidup arogan yang ingin cepat besar dan nampak hebat dengan overspending dan overexpansion, apalagi membiayai pertumbuhan melalui hutang. Tetaplah berperilaku hemat. Ingatlah bahwa semangat itulah yang menjadikan anda kaya. Kesombongan dan foya-foya hanya akan segera menghancurkan anda!