Kanibalisasi

Kanibalisasi

Alih-alih membiarkan perusahaan lain menggerogoti pasar Anda, pertimbangkanlah untuk membuat produk baru guna menyaingi produk Anda sebelumnya. Kedengarannya memang seperti bunuh diri, tapi jika ditangani dengan baik, Anda bisa berada di posisi terdepan dan memimpin persaingan.

 

Koombis Insight

Ide :

Jika Pasar untuk produk atau layanan tertentu terbatas, maka kehadiran pesaing baru dapat mengurangi pangsa pasar. Respons yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini adalah kanibalisasi – memproduksi produk baru untuk menyaingi penawaran anda sebelumnya. Secara mulai dari waralaba kafe starbucks hingga perusahaan teknologi Intel.

Kecenderungan Starbucks untuk membuka cabang baru dalam hitungan menit berselang dari pembukaan cabang lain menunjukkan keinginan yang sangat kuat untuk bertahan dalam persaingan. Walaupun cabang-cabang tersebut akan bersaing satu sama lain untuk memperebutkan jumlah klien yang terbatas, Starbucks telah memahami bahwa hal ini memang sebaiknya dilakukan guna bersaing dengan pemimpin pasar potensial lainnya seperti Costa Coffee dan Caffe Nero.

Perusahaan yang memproduksi hardware dan software komputer seperti Apple, Intel & Microsoft merupakan contoh perusahaan-perusahaan lain yang mempraktikkan kanibalisasi. Dengan rutin mengeluarkan versi upgrade produk mereka (seperti komputer yang lebih cepat atau software yang lebih tahan terhadap virus.), mereka tidak hanya berada di posisi terdepan, mereka juga memengaruhi pelanggan untuk membeli produk baru, dan memungkinkan lebih sedikit ruang bagi pesaing yang ingin mengganggu pasar mereka. Hal ini efektif dilakukan pada pasar yang mudah diombang-ambingkan dan memiliki tingkat loyalitas yang rendah (contohnya, Starbucks mungkin berpikir bahwa orang yang ingin minum kopi bisa mendapatkannya di mana saja). Hal ini juga efektif ketika orang dengan alasan apapun berusaha untuk selalu up to date misalnya dengan mengikuti perkembangan teknologi terkini.

 

Penerapan:

Nilai kondisi pasar guna memutuskan dengan tepat kapan melakukan kanibalisasi terhadap suatu produk. Mengembangkan suatu produk sering kali memakan waktu dan menghabiskan uang, Jika produk yang sudah ada sangat menguntungkan dan tidak berisiko diganggu oleh pesaing, tundalah penawaran baru hingga waktu yang diperlukan atau diinginkan.

Lakukanlah kanibalisasi sebagai antisipasi ketika pesaing akan memperkenalkan produk baru yang berpotensi untuk terkenal. Ketika penjualan berjalan di tempat, melakukan kanibalisasi pada produk anda dengan penawaran yang lebih canggih dapat secara radikla mensimulasi keseluruhan penjualan.

Jangan takut bersaing dengan diri sendiri. Walaupun awalnya terlihat mengerikan untuk mengambil risiko yang dapat mematikan pasar produk ANda sebelumnya, hal ini sebaiknya dipahami sebagai cara positif untuk menghadapi sifat bisnis modern yang dinamis dan berbahaya. Hal ini juga akan mendorong Anda untuk berinvoasi dan mengatasi rasa berpuasa diri.

Koombis Insight