Hukum dan Peraturan ketika anda membeli sebuah bisnis

Hukum dan Peraturan ketika anda membeli sebuah bisnis

Hukum dan Peraturan ketika anda membeli sebuah bisnis

Saat anda dan akuntan anda menganalisa rasio-rasio finansial kunci dan angka- angka kinerja, anda dan pengacara anda seharusnya menyelidiki status keabsahan dari bisnis tersebut. Carilah hak gadai terhadap properi, tuntutan-tuntutan yang ditangguhkan, jaminan-jaminan, perselisihan tenaga kerja, potensi perubahan wilayah, aturan atau pelarangan industri baru atau yang sedang diusulkan, dan paten-paten baru atau yang ditunda; semua faktor ini bisa sangat mempengaruhi bisnis anda.

Pastikan anda untuk:

  • Melakukan suatu pencarian kode peraturan komersial untuk mengungkap hak-hak gadai.
  • Meminta sejarah legalitas perusahaan dari pengacara bisnis tersebut, dan baca semua kontrak baru dan lama.
  • Analisa ulang semua yang berhubungan dengan peraturan pemerintah, peraturan wilayah lokal dan sejarah patent.
  • Kewajiban-kewajiban legal di dalam bisnis memiliki banyak bentuk dan mungkin tersembunyi begitu dalam, sehingga penjual yang jujur sekalipun, tidak mengetahui bahwa itu ada. Lalu, bagaimana cara anda untuk melindungi diri?

Pertama, mintalah pengacara anda untuk menambahkan suatu pasal  “menanggung ganti rugi” pada kontrak. Ini memastikan bahwa anda terlindungi dari dampak-dampak dari aksi-aksi penjual sebelumnya sebagai pemilik.

Yang kedua, pastikan perjanjian anda mengijinkan anda untuk mengambil alih polis-polis asuransi yang ada dari penjual pada suatu basis interim. Itu akan memberikan anda waktu untuk menganalisa kebutuhan ansuransi anda pada jangka waktu yang lebih lama, sambil memastikan bahwa anda memiliki pencakupan dasar begitu anda mulai mengambil alih. Biaya untuk memiliki seorang pengacara yang menganalisa suatu bisnis itu tergantung dari hubungan anda dengan sang pengacara, kompleksitas bisnis dan tingkat dimana pengacara tersebut terlibat.

Jika anda sedang mempertimbangkan untuk membeli sebuah bisnis yang memiliki properti intelektual bernilai, misalnya sebuah patent, nama merek atau rahasia dagang, maka anda mungkin menginginkan seorang pengacara properti intelektual untuk mengevaluasinya. Umumnya, itu akan membutuhkan biaya mulai dari 0,5 persen sampai 3 persen dari jumlah biaya penjualan bisnis.