Di Mana Saja Anda Dapat Menjual dan Memasarkan Produk Anda?

Di mana saja anda dapat menjual dan memasarkan produk anda

 

Jika anda adalah seorang yang tertarik untuk memproduksi barang atau produk, ke mana produk yang telah anda buat akan dijual? Mungkin pertanyaan ini sering ditanyakan oleh orang-orang yang baru atau mulai akan memproduksi produk mereka. Oleh karena itu, saya akan membahas beberapa tempat yang bisa anda pertimbangkan untuk menjual dan memasarkan produk-produk anda.

 

Pusat Grosir

Sesuai namanya, tempat ini adalah tempat yang menjual produk-produk dalam jumlah besar. Mulai dari yang berjumlah lusinan, gross, dan seterusnya. Pembeli di pasar grosir biasanya membeli produk-produk di sini untuk dapat dijual kembali. Di sini banyak dijumpai produk-produk serupa dengan merk yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat produk yang memiliki ciri khas tersendiri dan berbeda dibanding produk-produk lainnya.

 

Mall

Di mall, kita bisa mematok harga yang cukup tinggi untuk produk-produk kita. Namun, harga sewa stand di mall pun biasanya cukup tinggi. Hal ini membuat kita harus mengusahakan agar produk yang telah dihasilkan dapat terjual laris agar menutupi biaya sewa dan menambah laba.

 

Toko

Tak ada salahnya membuka toko sendiri. Anda bisa memulainya dari mensurvei tempat-tempat strategis yang sekiranya dapat anda jadikan sebagai toko anda. Pilihlah tempat yang biasanya dilalui banyak orang. Tempat parkir yang memadai juga menjadi salah satu faktor penting dalam pemilihan lokasi. Sesuaikan juga produk yang anda jual dengan orang-orang yang tinggal atau berada di sekitar lokasi tersebut. Misalnya saja produk yang anda jual adalah buku, kertas, sampul, dan alat-alat tulis, maka anda bisa mencari lokasi di sekitar sekolah ataupun universitas.

 

Online shop

Di era digital ini siapa yang tak mengenal online shop? Online shop telah menjadi salah satu tempat penjualan produk yang efisien dan diminati banyak orang. Tak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk berjualan dengan online shop. Anda bisa memanfaatkan situs-situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan lain sebagainya. Untuk terlihat lebih profesional, anda juga bisa membuat website sendiri dengan domain gratis ataupun domain berbayar.