Cara membuat pupuk kompos menjadi Nilai Ekonomi

pupuk kompos

pupuk kompos

Cara membuat pupuk kompos menjadi Nilai Ekonomi

Bagi anda yang ingin mencoba potensi bisnis pupuk kompos, berikut kami berikan langkah – langkah proses pembuatan pupuk kompos untuk skala industry rumahan.

  1. Pengumpulan sampah organic

Pertama kumpulkan sampah organic yang ada di sekitar Anda, misalnya saja sampah dedaunan, sampah sisa sayur serta sisa buah. Untuk sampah yang berukuran besar, potong – potong terlebih dahulu menjadi ukuran yang lebih kecil. Ukuran sampah sebaiknya kecil, agar bisa masuk ke dalam kantong plastic.

  1. Pemasukan sampah ke dalam kantong

Setelah selesai dipotong, secara bertahap masukan sampah ke dalam kantong plastic hingga kurang lebih 10 cm dari dasar kantong. Selanjutnya siramkan larutan promi secara merata. Masukan kembali selapis sampah 10 cm, dan siramkan kembali larutan promi. Ulangi langkah tersebut sampai kantong plastic penuh.

  1. Inkubasi

Proses inkubasi dengan menutup rapat kantong plastic dengan tali plastic. Biarkan kurang lebih 3 – 6 minggu, hingga kompos matang.

  1. Panen kompos

Setelah kompos matang, bisa langsung digunakan. Namun untuk hasil lebih berkualitas, sebaiknya kompos matang perlu dikeringkan, dicacah dan diayak. Sehingga pupuk yang dihasilkan tidak berbau dan layak jual.

Sangat mudah bukan?? Semoga informasi potensi bisnis pupuk kompos organikdapat bermanfaat dan dapat menjadi prospek bisnis yang dapat Anda coba dirumah.