Anda harus belajar mampu membuat keputusan dengan cepat dan teguh

belajar bisnis online bersama koombis.com

Anda harus belajar mampu membuat keputusan dengan cepat dan teguh

Sebagai kandidat sukses, anda harus belajar agar mampu membuat keputusan dengan cepat dan teguh, sekalipun hanya mempunyai infbrmasi yang minim. Semua pemimpin sukses bia menangani tanggung jawab seperti itu secara efektif dan efisien. Itulah yang membuat anda berbeda dan yang akan memudahkan jalan anda menuju puncak sukses. Sebab jika anda tidak bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat jika hanya tersedia data yang minim, dan harus menunggu semua informasi tersedia lengkap atau sampai keadaan sempurna, maka siapa pun yang mempunyai common-seme akan bisa menggantikan posisi anda untuk mengambil keputusan tersebut. Apakah hebatnya anda jika bisa memberi keputuan yang memakan waktu dan sumber daya begitu banyak, dan di mana pula peran intuisi dan kebijaksaaan seorangĀ  true-leader jika hanya bisa berfungsi pada keadaan yang sempurna?

Gabungkan intuisi, pengalaman, keterampilan, akal sehat dan keberanian anda untuk bisa memberi keputusan terbaik dan dengan cepat, jika keadaan mendesak. Kembangkanlah persistensi dalam pencapaian tujuan hidup anda, namun tetaplah mengembangkan keterbukaan terhadap masukan baru, dan ketulusan untuk menerima kenyataan bagaimanapun pahitnya, untuk mengubah tujuan hidup jika diperlukan. Janganlah bersikeras memperjuangkan sesuatu hal yang belakangan anda ketahui ternyata mustahil terwujud hanya demi gengsi atau alasan persistensi. Itu kebodohan dan kesalahan besar, bukan keuletan atau ketabahan.

Dan jika anda mengalami kesulitan dalam berhubungan dengan rekan kerja anda, cobalah untuk mengenal lebih dekat keadaan orang itu dari sudut pandangnya. Cobalah mengerti tentang latar belakang motif dan sasaran orang itu dengan bertindak seperti yang ditunjukkannya. Usahakanlah tertarik terhadap minat dan pencapaian hasil kerjanya serta tujuan hidupnya. Dengan empati dan ketulusan anda terhadap pribadi rekan kerja yang mengendala itu, maka anda bisa mengubah oposisi menjadi persahabatan. Karena perasaan positif dan pengertian anda kepadanya bisa dirasakan oleh orang itu, dan sebagai konsekuensi logisnya, ia akan membalasnya juga dengan perasaan dan perilaku positif.

Pergunakanlah dan pertahankanlah integritas pribadi anda ketika menyusun dan melaksanakan tujuan hidup untuk kesuksesan anda. Janganlah ambisi anda untuk sukses sampai mengorbankan integritas serta nilai-nilai luhur yang ada dalam diri anda. Sebab jika anda tidak jujur, atau jika anda mencapai sukses dengan menghalalkan segala cara, maka anda akan menerima resistensi dan kendala, bukan hanya dari orang lain dan lingkungan hidup anda, melainkan juga dari hati nurani anda sendiri. Camkanlah bahwa apa yang anda tabur akan anda tuai, baik ataupun buruk.