7 Hal Kecil Meningkatkan Performa Bisnis Toko Online

sukses bisnis online

 7 Hal Kecil Meningkatkan Performa Bisnis Toko Online

Beberapa hal kecil yang dilakukan oleh sebuah bisnis kepada pelanggannya dapat berdampak signifikan pada loyalitas pelanggan tersebut. Hal ini juga tentu terjadi dalam menjalankan bisnis online.

Terlepas dari apakah itu harus berupa barang atau jasa yang anda jual sebagai bonus, atau bahkan hanya sekedar fitur tambahan yang memudahkan pelanggan untuk bisa mendapatkan kenyamanan dalam melakukan transaksi dengan anda, sudah menjadi sebuah titik pertumbuhan bisnis anda.

Berikut ini adalah tujuh hal kecil yang mampu menyukseskan bisnis toko online anda.

1. Upsell dan Cross-sell

Upselling adalah suatu cara untuk membawa customer untuk membeli produk yang mirip dengan produk yang sedang ia lihat , yang mana produk tersebut punya harga jual yang lebih tinggi. Sedangkan cross-selling adalah proses untuk membawa customer agar mereka mau membeli produk komplimenter atau pengganti atau pelengkap atas produk yang baru saja dibeli ataupun produk yang menarik bagi mereka.

Dalam membangun toko online anda sendiri juga tentu memiliki sebuah data yang dapat menjadi dasar untuk Anda bisa menawarkan produk untuk teknik upsell dan cross-sell ini. Dengan data tersebut anda memiliki kemungkinan yang tinggi agar customer bisa menambahkan barang tersebut kedalam belanjaan mereka. Kuncinya adalah carilah produk yang tepat.

2. Segera jual produk yang memiliki siklus perputaran yang lambat

Produk yang tertumpuk di gudang anda bisa mengurangi cashflow anda, termasuk pula memperlambat perkembangan bisnis. Hal ini pula yang menyebabkan banyak toko konvensional memberikan diskon besar-besaran, dan sebagai toko online anda juga perlu melakukannya terhadap produk yang lambat perputarannya.

Carilah produk di gudang anda yang:

  • Terjual kurang dari sekali selama tiga bulan
  • Merupakan produk musiman
  • Cepat hancur atau mudah membusuk
  • Yang telah digantikan dengan model atau versi yang terbaru
  • Atau produk yang tidak terjual secara online dalam sebulan atau lebih

Tawarkan produk-produk seperti ini dengan harga yang spesial pada situs anda, di marketplace (Tokopedia, Bukalapak, Elevania, Kaskus) atau bahkan di situs classifieds seperti Olx dan Berniaga.

Cara ini terbukti bisa meningkatkan jumlah uang yang masuk ke dalam kantong anda dan merupakan cara yang cepat untuk menjual suatu produk yang tidak begitu laku.

3. Tambahkan fitur live chat

Live chat  adalah sebuah fitur yang membantu customer untuk bisa berinteraksi secara langsung disaat mereka mampir kedalam website atau toko online anda. Beberapa sumber juga menerangkan bahwa dengan adanya live chat, bisa membantu meningkatkan konversi dan meningkatkan pengalaman customer anda.

Adanya live chat juga membantu anda untuk bisa mengetahui secara cepat apa yang menjadi kendala customer ataupun keraguan mereka. Anda bisa melakukan search juga pada aplikasi live chat mulai dari yang berbayar hingga yang gratis, dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

4. Menambahkan nomor telepon

Seperti yang kita bahas barusan, ada nya live chat yang membantu transaksi bisnis online anda, akan meningkatkan konversi. Betul! tetapi jangan lupakan untuk menambahkan nomor telepon di website Anda.

Karena pada nyatanya ada beberapa customer yang lebih nyaman dengan menghubungi anda secara langsung baik itu via telepon maupun sms. Disisi inilah anda dapat mengembangkan hubungan dengan customer anda.

Anda bisa mencontoh ShopDeca seperti screenshot di bawah ini dimana mereka menampilkan nomor telepon di bagian footer dari website:

 

pembayaran toko online

 

5. Betulkan website anda

Sadar tidak sadar, bahkan perusahaan besar sekalipun dapat melakukan kesalahan pada website atau toko onlinenya. Hal ini dapat berpengaruh besar terhadap bisnis kita. Customer sekarang memerlukan banyak fitur seperti website yang harus responsive, kecepatan membuka website atau toko online, bahkan fitur-fitur yang menarik bagi customer.

Dalam melakukan hal ini, anda harus memposisikan diri anda sebagai customer yang mencoba mencari barang yang mereka inginkan melalui Google.

Sebagai contoh dalam segi penulisan, kategori roda motor pada toko online Fred Meyer di bawah ini tidak bekerja seperti semestinya.

fredmeyer bike tire

Jika anda membuka website-nya melalui hasil pencarian di Google ini untuk frase “fred meyer bike tires” maka hasilnya adalah halaman produk tanpa gambar dari produk tersebut. Sebagai pebisnis toko online, anda pasti tidak mau hal di atas terjadi pada website anda bukan?

fredmeyer

Jika calon customer mengklik produk tersebut, maka mereka akan diantar ke halaman produk yang hancur seperti ini.

koombis

Menariknya, jika anda mencari kategori roda motor langsung dari website Fred Meyer, maka hasil yang anda dapat akan berbeda dari sebelumnya. Itulah kenapa sebagai pemilik toko online, anda perlu sering melakukan identifikasi pada hal seperti ini untuk memastikan bahwa website anda tidak ada masalah dan dalam keadaan baik-baik saja.

6. Tawarkan pengiriman gratis

Berbagai studi menunjukkan bahwa customer cenderung tidak mau untuk membayar biaya pengiriman.

Jika bisnis anda belum menawarkan pilihan untuk pengiriman gratis, sebaiknya anda coba tambahkan segera. Sebagian besar platform e-commerce memiliki beberapa bentuk pilihan pengiriman gratis, jadi anda bisa mengatur jumlah minimal yang harus dipenuhi customer jika mereka ingin mendapatkan pengiriman gratis. Bagian yang paling susah tentang pengiriman gratis adalah memahami bahwa saat anda mengurangi margin, anda harus meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

7. Kirimkan ucapan terima kasih

Ketika customer sudah memesan produk, kirimkan mereka ucapan terima kasih. Anda bisa menggunakan email dengan bahasa yang lebih personal. Ucapan ini akan berarti banyak bagi customer karena mereka merasa sangat dihargai.

Sumber: PracticalEcommerce.com