6 tips menganalisis bisnis bagi pemula

6 tips menganalisis bisnis bagi pemula

6 tips menganalisis bisnis bagi pemula

Bagi anda yang merasa bingung ketika akan memulai bisnis yang baru. Terkadang kita merasa bingung bagaimana akan memulainya. Kita takut akan membuat langkah karena bisa jadi belum bisa berfikir tenang menghadapi kondisi. Ada beberapa pertanyaan yang harus kita jawab sebagai bahan nailisi kita. Berikut ini ada 6 tips bagaimana melakukan analisis awal ketika memulai bisnis.

Berikut ini ada beberapa tips tentang bagaimana melakukan analisis sebelum berbisnis:

  1. Fikirkan tentang prospek bisnis yang akan jalani.

(a) Hitung peluang pasar (seberapa besar orang mebutuhkan produk anda)  dan (b) jumlah pesaing yang ada dipasaran (berapa banyak penjual yang telah ada yang menjual produk yang sama).

  1. Seberapa luas skup wilayah bisnis anda.

Apakah lokal (hanya didaerah rumah anda) atau lebih luas lagi yaitu meliputi kota. Sebagi contoh ringan. Jika kita ingin membuat kios penjualan Pulsa Hp di dalam sebuah komplek, saya bisa memprediksi jika komplek tersebut hanya berisi 50 rumah maka bisa jadi nada bisa menguasai pasar 50 rumah tersebut dan tidak lebih, tetapi jika anda ingin menjual dalam skup yang lebih luas maka anda membutuhkan tempat bagi kios anda yang lebih strategis.

  1. Berapa besar prediksi keuntungan anda dalam hitungan waktu

Anda dapat menghitungnya dalam urutan Hari, pekan, bulan dan tahun dengan membuat patokan target kenaikan penjualan barang yang anda jual. Sebenarnya banyak orang yang berjualan hanya bermodalkan feeling saja bisa berhasil dan sukses. Namun tentunya bukan sesuatu yang baku. Bagi dia yang sudah bermental bisnis bisa jadi dia akan berbisnis dan menjalankan segala sesuatunya dengan reflek. Untuk itu bagi orang yang awam dan baru belajar memulai tips pada point ini bisa jadi bermanfaat. Yaitu memulai dari prediksi perhitungan keuntungan berdasarkan waktu. (Perhatikan dan bandingkan variabel biaya besar modal dan biaya operasional yang dibutuhkan)

4.Fikirkan tentang apa kelebihan bisnis anda!

Jika bisnis yang akan dijalani adalah bisnis yang umum dan sedang ngetrend. Bisa berpa harga jual produk anda dipasaran, bagaimana pelayanan anda kepada custumer (anda bisa membuat metode unik tersendiri), bagaimana tampilan produk/kemasan anda, dll.

  1. Bagaimana stategi marketing dari bisnis anda?

Marketing adalah ujung tombak bagi keberhasilan anda. Jawab pertanyaan berikut ini!, bagaimana anda meyakinkan orang agar dapat membeli produk di toko anda. Informasikan mengenai kelebihan yang ada di toko anda. Yang jelas tujuan utama dari marketing adalah menarik pembeli untuk datang ke tempat anda.

6.Apa yang menjadi keuntungan bagi pembeli jika membeli produk dari anda?

Costumer adalah raja. Mereka adalah objek yang akan mengantarkan uang kepada anda. Salah besar jika anda hanya berfikir tentang uang yang ada ditangan mereka. Mungkin dibawah ini ada beberapa hal yang sering