5 Tips mengelola Toko Online Untuk Menghadapi Persaingan

cara mengelola toko online

Toko Online

5 Tips mengelola Toko Online Untuk Menghadapi Persaingan

Membuat dan memiliki toko online tentunya bisa dilakukan oleh semua orang. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mengelolanya dengan baik sehingga banyak toko online yang pada dasarnya memiliki tampilan menarik tetapi omset yang didapatkan masih belum bisa maksimal. Kondisi seperti inilah yang sering dihadapi para pelaku bisnis online, sehingga tidak sedikit dari mereka yang akhirnya menyerah sebelum meraih puncak kesuksesan, karena mereka tidak mampu lagi menghadapi gempuran persaingan bisnis di internet yang semakin hari semakin berkembang pesat.

Untuk menghindari kondisi tersebut, berikut ini kami informasikan kepada para pembaca mengenai beberapa tips mengelola toko online untuk menghadapi persaingan pasar:

  1. Dalam menjalankan bisnis online, keberadaan konten artikel, foto, dan video menjadi senjata utama pelaku usaha untuk menarik minat pelanggan. Oleh karena itu, yakinkan pelanggan Anda dengan tampilan foto produk yang tentunya terjamin keasliannya dan dukung promosi blog atau website Anda dengan menambahkan konten artikel menarik untuk meningkatkan traffic kunjungan toko online Anda.
  2. Selalu aktif dalam mengupdate produk-produk terbaru. Tak jarang para konsumen sengaja mengulur waktu pembelian karena mereka menunggu hadirnya produk terbaru dari Anda. Oleh karena itu, lakukan update produk secara rutin agar konsumen semakin sering berbelanja di toko online Anda.
  3. Tidak hanya toko offline saja yang bisa memberikan diskon besar- besaran pada para konsumennya. Untuk menarik minat pelanggan, Anda bisa menawarkan harga khusus pada moment-moment penting. Misalnya saja bila Anda membuka toko online yang menawarkan busana muslim, maka Anda bisa memberikan diskon hingga 50% pada saat menjelang hari Raya Idul Fitri ataupun Idul Adha.
  4. Gunakan display produk yang memudahkan para konsumen. Setiap konsumen p a s t i n y a menginginkan sistem yang friendly untuk menemukan produk-produk yang mereka butuhkan. Karena itu gunakan navigasi sederhana, dan pisahkan produk-produk yang ready stock (masih tersedia) serta produk yang sudah sold out (terjual).
  5. Tumbuhkan kepercayaan konsumen dengan memberikan pelayanan yang berkualitas. Misalnya saja segera menanggapi pertanyaan maupun komplain pelanggan, menjalin hubungan baik dengan konsumen, memilih jasa pengiriman barang yang cepat dan tepat (catat semua resi pengiriman agar bisa diperiksa bila ada komplain konsumen), serta memberikan produk yang terjaga kualitasnya (sama dengan deskripsi serta gambar yang ditawarkan di website).