5 Kunci keberhasilan sebuah Produk

Kunci keberhasilan Produk

5 Kunci keberhasilan sebuah Produk

Sebagai seorang pelaku usaha, tentunya kita menginginkan produk unggulan yang dimiliki bisa diterima pasar dengan baik. Bahkan tak jarang para pengusaha maupun pelaku pasar rela menginvestasikan sejumlah uang, energi, dan waktu yang mereka miliki hanya untuk mengantarkan produk-produknya menembus pasar nasional maupun internasional.

Meskipun begitu, tentunya tidak sembarangan produk bisa berhasil menembus pasar bebas. Dibutuhkan strategi pemasaran yang handal serta dukungan faktor-faktor internal untuk meningkatkan nilai jual sebuah produk. Karenanya agar Anda tak salah langkah dalam mempromosikan produk unggulan Anda.

Berikut ini peulis informasikan 5 kunci keberhasilan sebuah produk yang perlu Anda perhatikan dengan baik.

Memiliki pasar yang cukup besar

Sebuah produk dikatakan memiliki pasar yang cukup besar apabila sudah ada produk lain yang menjadi kompetitornya dan mencoba memberikan solusi yang sama bagi pangsa pasar yang telah Anda bidik. Indikasi tersebut menunjukan bahwa respon pasar cukup bagus sehingga banyak kompetitor yang mulai bermunculan untuk menawarkan produk serupa.

Memanfaatkan Teknologi yang sudah ada

Banyak pelaku bisnis yang kurang peduli akan kebutuhan teknologi, sampai akhirnya mereka menyadari bahwa produknya kalah bersaing dengan produk lain milik para kompetitor. Meskipun pemanfaatan teknologi membutuhkan biaya yang cukup besar, namun tidak ada salahnya bila Anda menjalin kerjasama dengan para investor untuk memenuhi kebutuhan teknologi yang bisa meningkatkan nilai jual produk Anda.

Memiliki harga jual eceran yang bersaing

Dari biaya produksi yang dibutuhkan setiap bulannya, para pengusaha bisa memperkirakan harga jual produk-produknya di pasaran. Apabila harga jual produk tersebut secara signifikan lebih mahal daripada produk lain yang serupa, maka produk Anda akan sulit bersaing di pasar bebas. Karena itu perhitungkan dengan matang biaya produksi yang Anda butuhkan dan tentukan harga jual yang bersaing, agar produk Anda tak ditinggalkan para konsumennya.

Keunggulan produk bisa digambarkan dengan jelas

Bisa dikatakan menjual produk sama saja dengan menjual keuntungan, bukan hanya menjual sebuah ide. Keuntungan yang dimaksud disini adalah apa yang memotivasi konsumen untuk membeli produk Anda. Karena itu gambarkan keunggulan produk Anda secara jelas agak konsumen tidak ragu membeli produkAnda. Contohnya saja seperti slogan “Rambut hitam berkilau berkat sampo Pantene” yang memberikan gambaran keuntungan cukup jelas bagi para konsumennya.

Petunjuk pemakaian produk yang mudah dipahami

Tak hanya dituntut untuk bisa menggambarkan keunggulan produk dengan jelas, seorang pengusaha juga harus memastikan bahwa produknya mudah digunakan setiap konsumen. Penggunaan simbol pada kemasan produk dapat membantu konsumen untuk memahami petunjuk penggunaan produk. Apabila cara penggunaan produknya terlalu sulit, tentu hanya akan menambah masalah baru bagi para konsumen. Untuk itu pastikan petunjuk pemakaian produk mudah dipahami konsumen, agar produk Anda semakin digemari banyak pelanggan.