5 hobi yang bisa dijadikan peluang bisnis bagi mahasiswa

5 hobi yang bisa dijadikan peluang bisnis bagi mahasiswa

  1. Passion di bidang kuliner, tak hanya kalangan ibu rumah tangga saja yang tertarik dengan dunia masak-memasak, seiring dengan perkembangan zaman sekarang ini sebagian besar passion yang dimiliki anak muda tertuju pada bidang kuliner. Selain peluang pasarnya masih sangat potensial, bisnis kuliner juga memiliki pilihan bisnis yang cukup beragam. Bagi kalangan mahasiswa yang tertarik dengan dunia kuliner bisa mencoba menciptakan inovasi baru seperti misalnya yogurt talas, tempe beton nangka, selai ampas tahu, atau bisnis kuliner lain yang mulai familiar misalnya martabak mini, gerai jus dipinggir jalan, gerai sushi, atau mencoba bisnis restoran, café, warung lesehan, warung angkringan, dan lain sebagainya.
  2. Passion di bidang fashion, tak hanya bidang kuliner saja yang sekarang ini mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Peluang bisnis fashion khususnya bagi kalangan anak muda belakangan juga cukup melesat, bahkan beberapa merek lokal telah berhasil menembus pasar internasional. Bagi kalangan mahasiswa yang ingin terjun di bidang fashion, bisa mencoba peruntungan di bisnis distro atau clothing, bisnis jilbab dan busana muslim, atau bisa juga menjadi desainer gaun pengantin, dan memproduksi aneka macam aksesoris wanita.
  3. Pecandu game, bagi kalangan mahasiswa yang mengaku keranjingan game ternyata juga bisa membuka peluang bisnis dari hobi yang dimiliki. Contohnya saja dengan menjadi game developer, membuka bisnis game online, rental PS (play station), dan lain sebagainya.
  4. Passion di bidang pendidikan, bagi sebagian mahasiswa yang memiliki konsentrasi di bidang pendidikan, ternyata ada beberapa peluang bisnis yang bisa dijalankan. Sebut saja seperti bisnis les private pelajaran sekolah, les bahasa inggris, sempoa, kursus melukis, bulutangkis, dan lain sebagainya.
  5. Hobi dengan binatang peliharaan, memiliki hewan peliharaan memang cukup menyenangkan. Selain menyalurkan hobi, Anda juga bisa mendatangkan keuntungan dari hobi tersebut. Misalnya saja dengan membuka klinik hewan, membuka pet shop, membudidayakan hewan peliharaan yang Anda sukai seperti budidaya kelinci, ikan, ayam, burung berkicau, dan lain-lain.