5 Alasan Wanita Mengapa Cocok Berwirausaha

alasan kenapa wanita cocok menjadi pengusaha

5 Alasan Wanita Mengapa Cocok Berwirausaha

Tak bisa kita pungkiri bila sampai saat ini wanita masih memegang peranan penting dalam berbagai bidang. Salah satunya saja dalam meningkatkan perekonomian negara melalui wirausaha. Kiprah wanita yang belakangan ini mulai eksis di dunia usaha, bisa dibuktikan dari data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang pada tahun 2010 silam mengungkapkan bahwa 60% UKM di negara kita dikelola oleh kaum hawa.

Dari data tersebut, tentunya bisa kita lihat bila di zaman serba modern seperti sekarang ini kalangan wanita tak kalah bersaing dengan para pria. Banyaknya bakat alami yang dimiliki para wanita dan kesadaran mereka untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarganya, menjadi salah satu faktor mengapa wanita Indonesia cocok untuk menekuni bidang wirausaha. Mari kita simak bersama 5 rahasia wanita mengapa cocok berwirausaha bila dibandingkan dengan para pria.

  1. Jago dalam membangun networking

Bila dibandingkan dengan kaum pria, wanita lebih mudah bergaul dan membangun jaringan pemasaran. Kebiasaan wanita yang lebih suka berkumpul, bersosialisasi, dan menjalin komunikasi dengan berbagai kalangan, menjadi salah satu rahasia sukses mengapa mereka cocok untuk berwirausaha. Sebab, kemampuan wanita dalam membangun networking cukup memudahkan mereka untuk membesarkan bidang usaha yang sedang dirintisnya.

  1. Terbiasa multitasking

Kelebihan lainnya yang dimiliki seorang wanita adalah mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu atau biasa dikenal dengan istilah multitasking. Kebiasaan mereka sebagai ibu rumah tangga yang mampu menangani semua urusan keluarganya dalam waktu yang hampir bersamaan, ternyata memudahkan pengusaha wanita untuk bisa menjalankan fungsi bisnisnya dengan optimal. Mulai dari menghandel masalah produksi, pemasaran, sampai manajemen SDM, bisa ditangani dengan baik oleh pengusaha wanita untuk membesarkan peluang bisnisnya.

  1. Kreatif dan teliti dalam segala

Sudah menjadi rahasia umum bila wanita lebih kreatif dan telaten bila dibandingkan dengan kaum pria. Karakteristik inilah yang membuat mereka lebih jeli dan teliti dalam melihat peluang usaha. Detail-detail kecil dalam berbisnis seperti misalnya urusan packaging, labeling, atau penentuan harga promo, sangat dipikirkan oleh pengusaha wanita sehingga tak jarang membuat produknya memiliki daya jual yang cukup tinggi di pasarang. Meski terkadang pandangan pria dan wanita mengenai usaha sering bersebrangan, namun justru hal-hal kecil yang dianggap sepele oleh kaum pria bisa mendatangkan kesuksesan bagi pengusaha wanita.

  1. Terlatih sebagai pengambil keputusan

Sebagai ibu rumah tangga, tentunya Anda telah terlatih untuk mengambil segala keputusan yang berhubungan dengan keluarga. Bahkan segala perabotan dan keperluan rumah tangga, hingga kemeja suami dan baju untuk anak, juga dibeli berdasarkan keputusan Anda. Dari kebiasaan tersebut, disadari atau tidak bahwa wanita merupakan pengambil keputusan untuk hampir setiap keputusan.

  1. Tidak mudah putus asa

Kendati secara fisik wanita terbilang kalah tangguh dibandingkan para pria, namun dalam berbisnis wanita dinilai lebih kuat dan tidak mudah putus asa ketika mengalami kendala usaha. Ketika menghadapi sebuah kegagalan, pengusaha wanita memiliki daya juang yang lebih tinggi dan terbilang lebih sabar untuk memulai segala sesuatunya dari bawah.