4 Rahasia pemasaran Bagi pelaku UKM

strategi pemasaran

strategi pemasaran

4 Rahasia pemasaran Bagi pelaku UKM

Berbicara mengenai ilmu marketing seakan tak pernah ada habisnya. Beragam strategi dan rahasia pemasaran mulai diinovasikan para pelaku UKM untuk memenangkan persaingan pasar. Sehingga wajar adanya bila banyak orang mengatakan ilmu marketing bisa jadi hal yang rumit dan cukup membingungkan pelaku UKM. Bahkan sampai detik ini, tak sedikit pelaku UKM di Indonesia yang akhirnya harus gulung tikar karena terjebak dengan strategi pemasaran yang kurang efektif.

Oleh sebab itu, agar para pelaku UKM tak kembali terjebak pada permasalahan marketing. Berikut ini penulis berikan 4 rahasia pemasaran yang perlu dipahami pelaku UKM agar bisa terus bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar. Rahasia pemasaran ini yang biasa disingkat menjadi pendekatan A.T.O.M yang terdiri dari Audience (konsumen), Timing (waktu), Offer (penawaran), dan Message (pesan).

  1. Kenali terlebih dahulu audiens Anda

Tak ada pelaku UKM yang bisa menjual, berkomunikasi, atau memasarkan produk secara efektif tanpa mengenali terlebih dahulu audiens (konsumennya) atau apa yang mendorong mereka untuk membeli. Karenanya Anda perlu memahami pria atau wanita yang menjadi konsumen potensial Anda. Muda atau tua? Baru pertama membeli atau sudah sering membeli? Apakah mereka pembuat keputusan? Apakah mereka memiliki preferensi produk, jasa, atau metode pengiriman tertentu? Dengan begitu, Anda bisa semakin mengenal audiens Anda, dan semakin fokus untuk menentukan strategi pemasaran yang sesuai.

  1. Waktu adalah segala-galanya

Meskipun Anda telah mempersiapkan strategi promosi yang meyakinkan, namun prospek (calon konsumen) tidak akan berminat dengan produk atau jasa anda jika anda tidak mengkomunikasikannya di saat yang tepat. Pastikan pesan marketing yang Anda sampaikan di hadapan prospek pada waktu yang tepat pula, sehingga mereka merasa apa yang butuhkannya bisa Anda penuhi dalam timing yang pas.

  1. Memberikan penawaran yang tepat

Dalam direct marketing, para ahli menyatakan bahwa 40% dari hasil pemasaran tergantung pada perforrma Anda, yaitu 40% dilihat dari penawaran, dan 20% pada kreativitas yang menyempurnakan penawaran Anda. Karena itu berikan penawaran yang menarik, agar konsumen yang awalnya belum mengenal Anda bisa mulai penasaran dan melakukan transaksi pembelian.

  1. Perhatikan cara anda dalam menyampaikan pesan

Jika Anda telah mengenal audiens dengan baik, maka Anda harus bisa menyampaikan pesan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan ciptakan pembeda antara produk atau jasa Anda dengan produk-produk milik para kompetitor. Sebagai tambahan, pastikan untuk memberikan keunggulan fitur agar para audien tertarik untuk membaca, mencoba, dan membeli.