3 Tips Menginvestasikan Dana Pasca Pensiun

menginevstasikan dan pasca pensiun

Investasi dana pasca pensiun

3 Tips Menginvestasikan Dana Pasca Pensiun

Menghadapi masa pensiun masih menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang, di satu sisi pensiun Merupakan kabar yang  menggembirakan, karena tidak perlu lagi menjalankan aktifitas sesuai dengan aturan perusahaan. Bebas melakukan apapun dan pergi kemanapun kita mau, namun jika hal ini dilakukan sepanjang hari sudah pasti kejenuhan yang akan dirasakan. Ada yang berpendapat bahwa kenikmatan pasca pensiun hanya bisa dirasakan 3 bulan pertama, sisanya hanyalah kejenuhan yang lama kelamaan dapat memicu stress.

Pensiun merupakan suatu proses perubahan besar dalam kehidupan kita. Dimana kita harus mengubah kebiasaan bekerja yang selalu berhubungan dengan peraturan dan budaya perusahaan selama puluhan tahun, kemudian menjadi individu yang bebas melakukan pilihan untuk mengisi hari-hari. Kondisi tersebut bukanlah hal yang mudah untuk di hadapi, untuk itu dibutuhkan pilihan agar aktifitas pasca pensiun kelak mampu mendatangkan manfaat. Salah satu kegiatan yang dapat disiapkan untuk masa pensiun adalah berwirausaha.

tips menginvestasikan dan pensiun

Pensiun

Memiliki sebuah usaha memang dibutuhkan keberanian, keyakinan dan konsistensi. Banyak orang mengurungkan niat tersebut karena tidak mampu menghadapi rasa takut untuk memulai usaha, takut gagal, takut tertipu dan lain sebagainya. Sebuah investasi berharga jika kita berani bertindak mengalahkan rasa takut itu. Hanya dibutuhkan sedikit strategi dalam memilih dan memilah potensi bisnis apa yang mampu dijalankan, agar meminimalisir hal-hal yang tidak kita harapkan.

  1. Investasi mudah dan aman

Ketidakyakinan dalam diri dan usia yang sudah terlalu senior memang cukup merisihkan untuk langsung masuk dalam kompetisi bisnis yang sangat ketat. Untuk itu Anda dapat memilih investasi yang terbilang konservatif, seperti membeli property atau sebidang tanah. Asset tetap ini kelak dapat bermanfaat karena harga jual property atau tanah cepat mengalami kenaikan.

  1. Siapkan Dana Khusus

Tidak mudah memang untuk memulai sebuah usaha, apalagi bagi orang yang selama ini berstatus sebagai karyawan dan tidak memiliki pengalaman yang memadahi dibidang bisnis. Jika Anda benar-benar menginginkan untuk terjun ke dalam dunia bisnis, siapkan dana khusus, anggaplah dana yang disisihkan tersebut sebagai biaya pembelajaran awal membangun usaha. Jika tidak prospek, maka Anda tidak akan kehilangan seluruh tabungan dan Anda juga masih memiliki kesempatan untuk mencoba bisnis yang cocok dengan passion Anda.

  1. Mulai dari yang kecil

Sebagai langkah awal Anda dapat memulai dari yang kecil, rintislah perlahan. Usaha dapat dikatakan bertahan ketika telah berhasil melampaui kurun waktu 4 tahun. Jika sudah masuk masa 4 tahun maka bisnis tersebut prospek untuk dilanjutkan, tetapi jika tidak Anda dapat segera putar arah untuk mencari bisnis yang sesuai dengan passion, kompetensi dan pengalaman Anda.