3 cara membuat pengunjung betah di web Anda

belajar bisnis online bersama koombis.com

3 cara membuat pengunjung betah di web Anda

Setiap hari, mungkin website anda sudah memiliki jumlah pengunjung konsisten. Tapi, masalahnya adalah kebanyakan dari mereka hanya berkunjung untuk beberapa saat lalu pergi begitu saja. Inilah yang disebut bounce visitor (pengunjung yang terpental). Kalau sudah begini, rasanya anda sama saja telah membuang waktu dan uang untuk mendatangkan banyak pengunjung. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan agar pengunjung lebih betah di dalam website anda :

Design Web dan Fungsinya

Hal pertama yang akan diperhatikan oleh seorang pengunjung adalah design web dan fungsinya. Jadikan website anda atraktif tanpa membingungkan pengunjung atau silau karena warnanya terlalu terang. Buatlah desain yang sesuai dengan target pengunjung anda. Jika target pengunjung utama anda adalah orang dewasa, maka tentu desain web anda berbeda dengan jika terget pengunjung utama anda adalah remaja.

Jika website anda berantakan sehingga pengunjung bingung melihatnya, mereka akan meninggalkan website anda. Jadi, pastikan navigasi web anda jelas dan masuk akal bagi pengunjung. Pastikan siapapun yang mengunjungi web anda bisa menemukan konten web dengan mudah. Desain web yang teratur sangat disukai pengunjung dan salah satu faktor mengapa pengunjung betah.

Konten

Alasan utama seseorang mengunjungi website anda adalah untuk menemukan konten. Apapun bentuk konten anda, baik dalam bentuk teks, audio atau video. Jadi, seringkali seseorang meninggalkan website anda karena konten yang disajikan tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Pastikan konten anda sesuai dengan tema web dan keyword yang ditargetkan di search engine. Konten perlu ditargetkan terhadap pengunjung anda. Bila pengunjung anda adalah remaja, jangan menggunakan kata-kata yang berat dan kaku. Gunakan bahasa yang gaul dan ringan. Bila pengunjung anda adalah pebisnis profesional, gunakan bahasa bisnis profesional.

Manfaatkan Multimedia

Internet masa kini tidak lagi identik hanya dengan web berbasis teks. Pengguna internet tidak ingin membaca suatu informasi bila mereka bisa menonton atau mendengar informasi yang sama. Website yang memiliki multimedia di dalamnya memiliki tingkat bounce lebih rendah daripada website yang hanya berisi teks.

Video bisa menerima jutaan pengunjung lebih mudah daripada artikel. Menempatkan video yang relevan di halaman web anda adalah langkah tepat untuk menggambarkan keseluruhan isi web anda kepada pengunjung dan membuat mereka lebih betah