12 cara kerja otak yang harus anda ketahui bag 2 (habis)

belajar bisnis online bersama koombis.com

12 cara kerja otak yang harus anda ketahui bag 2 (habis)

Jika anda belum membaca artikel 12 cara kerja otak yang harus anda ketahui bag 1 bisa anda baca disini.

  1. Otak menghindari hal membosankan

Tidak ada multitasking buat otak. Otak bisa diibaratkan sebagai lampu sorot (spotlight) yang menyorot berbagai macam hal disekitarnya. Lampu sorot otak ini hanya dapat fokus pada satu hal pada suatu waktu. Otak itu menyukai sesuatu yang membangkitkan emosi dan mudah beralih ketika menyorot sesuatu yang membosankan. Ceramah atau pembicaraan yang biasa-biasa saja hanya mendapatkan perhatian dari otak kurang dari 5 menit.

  1. Ulangi untuk mengingat

Otak punya sistem declarative memory yang mempunyai 4 tahap pengelolaan informasi menguba informasi menjadi kode, menyimpan, memanggil dan melupakan. Kalau mengingat informasi dengan cara biasa, maka otak akan segera melupakan. Cara otak mengingat adalah dengan mengulang-ulang informasinya.

  1. Otak yang stres berpangaruh besar

Hindari stres, karena pada saat stres otak kita tidak bisa bekerja dengan normal. Sebenarnya, tekanan yang ringan meningkatkan kerja otak, namun stres kronis melumpuhkan kemampuan otak.

  1. Rangsanglah lebih banyak indera

Otak akan bekerja optimal kalau semakin banyak panca indera yang menerima input. Jangan hanya mengandalkan mata saja, atau kuping saja. Gunakan mata dan kuping sekaligus untuk menerima input. Lebih baik lagi jika seluruh paca indera menerima input tersbeut.

  1. Mata ungguli panca indera yang lain

Suber utama input buat otak kita adalah mata. Mata mampu menangkap 60%-80 % input. Sedangkan panca indera yang lain, jauh dibawah angka itu

  1. Otak pria dan wanita berbeda

Yang ini juga harus diperhatikan karena ternyata otak pria dan wanita itu berbeda. Dengan rasio 2:1, wanita memiliki kecenderungan lebih tiggi mengalami depresi dibandingkan prida. Pria dan wanita juga merespons stres dengan cara yang berbeda. Pria mengaktifkan sebelah kanan otak mereka, wanita menaktifkan sebelah kiri otak mereka. Aktivasi sebelah kiri otak mereka. Aktivasi sebelah kiri akan membuat orang lebih detail, sedangkan kanan hanya intinya saja