10 pembunuh kreativitas bag 1

belajar bisnis online bersama koombis.com

 

10 pembunuh kreativitas bag 1

Dalam proses berpikir sejumlah hal yang harus dihindari, akrena akan menghambat kreativitas. Seorang penulis Roger Van Oech dalam bukunya reative Whack Pack menyebutkan terdapat 10 hal yang menjadi pembunuh kreativitas. Kalau kita mau lebih kreatif, maka arus terhindar dari 10 pembunuh ini.

Berikut 10 pembunuh kreativitas tersebut:

  1. Menganggap diri tidak kreatif

Ini adalah anggapan yang paling membunuh. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki tingkat kreativitasnya masing-masing. Anda adalah manusia kreatif.

  1. Jangan bertindak bodoh

Banyak orang yang takut tindakanya dianggap sebagai sebuah kebodohan. Padahal, itu hanyalah anggapannya saja. Lagi pula kalau bertindak bodoh, memangnya kenapa?

  1. Melakukan kesalah adalah keliru

Ingat sebuah tagline “Kotor itu bagus…” Moto itu berniat mendobrak anggapan di masyarakat bahwa kotor itu jelek. Sama seperti putih adaah baik dan hitam adalah buruk. Semua itu hanyalah anggapan. Kalau mau kreatif kita harus berani berbuat. Berbuat salah, bukanlah sebuah aib….

  1. Berpikir jelas

Cara berpikir jelas justru akan membunuh kreativitas kita. Contoh: “Ambilkan gelas berwarna putih” Jelas? Sangat jelas. Bandingkan dengan perintah, “Ambilkan tempat minum yang akan membuat saya tenang”. Perintahnya tidak jelas, tapi mengunggah kreativitas.

  1. Bermain itu tidak penting

Hato-hati anggapan ini samat berbahaya. Kalau anda sudah menganggap remeh permainan dan menghindari bermain-main, maka kreatvitas anda akan terjun bebas. Anda akan menjadi orang kaku. Buat orang kreatif bermain adalah salah satu media paling penting. “Kalau begitu, bagaimana sebenarnya cara menjalani kehidupan yang benar? Jalani hidup seperti permainan”—Plato.